Snippet

about FMIPA UNHAS

fmipaFMIPA Universitas Hasanuddin resmi berdiri tanggal 17 Agustus 1963 dengan nama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam (FIPPA) yang terdiri atas empat Jurusan yaitu: Matematika, Fisika, Kimia dan  Biologi. Dalam perkembangannya, FIPPA menambah satu jurusan lagi yaitu Farmasi sehingga menjadi lima jurusan. Pada Tahun 1977, FIPPA dan Fakultas Teknik menyatu dalam satu Fakultas bernama Fakultas Sains dan Teknologi. Enam tahun berselang tepatnya 1983, terjadi pemisahan dimana bidang Sains menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sedangkan bidang teknologi kembali menjadi Fakultas Teknik. Dengan berubahnya Jurusan Farmasi menjadi Fakultas dalam tahun tahun 2005, maka sejak itu FMIPA kembali terdiri atas 4 jurusan, seperti awal didirikan. 
Di usianya yang memasuki lima dekade, FMIPA telah memiliki program Magsiter dan Doctoral, masing-masing di Jurusan Kimia dan Matematika. Program Pasca Sarjana di Jurusan Fisika dan Biologi masih dalam tahap menunggu Izin pendirian dari Dirjen DIKTI. Alumni yang dihasilkan hingga dewasa ini berkisar 6000 orang sarjana S1, 45 Orang S2 dan 25 orang S3.
Spekrum pekerjaan sarjana MIPA cukup luas, dari tenaga pengajar di Pendidikan Tinggi, Tenaga Penliti pada Lembaga Penelitian dan Industri, hingga PNS di berbagai lembaga pemerintah.

adapun Organisasi Kemahasiswaan di tingkat Fakultas MIPA sendiri yakni BEM FMIPA UNHAS (Badan Eksekutif Mahasiswa).

Leave a Reply